Apa Saja Media Tanam Adenium Yang Baik Itu? Berikut Uraianya

Media Tanam Adenium Yang Baik, Muhtar’sBlog | Bunga adenium atau juga dikenal dengan nama bunga kamboja jepang merupakan jenis bunga yang populer ditanam di pekarangan rumah. Adenium ini memang sayogyanya ditempatkan di area yang memiliki banyak sinar matahari, tau kenapa?

Itu karena karakteristik bunga ini memang membutuhkan banyak pencahayaan agar tumbuh dengan subur dan mengeluarkan bunga dengan rajin.

Gambar Media Tanam Adenium Yang Baik

Gambar Bunga Adenium atau Kamoja Jepang

Selain itu, bunga yang sebenarnya berasal dari Afrika dan Asia barat ini memerlukan media tanam yang pas agar tumbuh kembangya optimal.

Dalam cara merawat bunga yang dikenal juga dengan nama bunga kamboja jepang ini tidak memerlukan banyak-banyak penyiraman untuk menjadikanya rajin berbunga, bahkan sangat tidak dianjurkan terlalu banyak air untuk tumbuh kembang bunga indah ini.

Nah bagi pembaca yang tertarik untuk memanam serta merawat adenium untuk memperindah pekarangan rumah, sebaiknya kenali lebih dulu media tanam adenium yang baik berikut ini.

Media Tanam Adenium Yang Baik

Seperti disinggung di atas, menjadikan tanaman bunga adenium bisa tumbuh dengan baik media tanam haruslah sesuai dengan karakteristiknya.

Juga sedikit disampaikan di atas, karakteristik tanaman bunga adenium ini, tidak memerlukan banyak penyiraman serta lebih optimal pertumbuhanya ketika ditempatkan pada area banyak sinar matahari.

Dengan melihat 2 karakteristik yang paling utama tadi, berarti pembaca harus menyiapkan media tanam yang tidak mengikat air.

Lalu apa saja media tanam yang paling dibutuhkan tanaman adenium ini?

Yang paling utama adalah media tanam yang memiliki pori pori ( porous ), kering serta tidak mengikat air. Di bawah ini campuran media tanam yang paling baik untuk tanaman bunga adenium.

1, Pasir -> pilihlah pasir yang kasar ( hasil ayakan ), jangan lupa cuci agar lumpur atau tanah yang bercampur hilang

2, Sekam -> baik yang masih mentah ataupun yang sudah dibakar

3, Cocopeat

4, Batu zeloit

5, Pupuk

Untuk perbandingan semua media di atas sesuai urutan dari 1 sampai 5, ketika dicampur adalah  30 : 37 : 30 : 2 : 1.

Semua media tanam di atas bisa pembaca dapatkan dengan mudah di toko-toko bunga atau bisa juga pembaca beli dari beberapa toko online.

Oh ya, jangan menggunakan tanah merah atau tanah liat ya, cukup yang disebutkan di atas saja. Karena baik tanah merah ataupun tanah liat bersifat mengikat air.

Semoga uraian media tanam adenium yang baik ini bermanfaat dan mari ngebun.

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*